Senin, 15 Maret 2010

Kulakan Tutorial

Tutorial sederhana sebuah foto human interest diolah menjadi foto yang multidimensi. Software yang digunakan adalah Adobe Photoshop.













Mari kita mulai,...













[1] lakukan seleksi serapi mungkin pada obyek orang, kemudian tekan Ctrl J untuk mencopy seleksi. Apabila masih terlihat kurang rapi bisa mengunakan Erase untuk menghaluskan pinggiran seleksi













[2] Sekarang kita punya 2 layer, yaitu layer copy dan layer background. Klik layer background kemudian klik Lighting Efect di Filter Render, pilih warna hijau kuning, maka akan tampak foto menjadi berwarna kekuning hijauan.













[3] Kemudian koreksi awan langit yang tidak bagus dari foto lain. Carilah foto langit dan awan yang bagus. Kemudian drag foto langit ke foto Kulakan. Lakukan leveling dan masking untuk menyamakan tone. Dapat juga dipakai dengan permainan hue/saturation.













[4] Periksa lagi masking yang sudah dibuat dan carilah posisi langit yang pas dengan obyek utama.













[5] Sampai disini foto sudah mulai terlihat berbeda dengan aslinya. Lakukan dodging dan burning seperlunya untuk memunculkan dimensi warna yang kental. Juga pada horison untuk memunculkan efek fog/kabut dikejauhan. Level juga diperlukan agar tidak terlalu over. Bisa ditambahkan Softlight untuk menambah kekuatan warna.













[6] Akhirnya periksa lagi foto secara keseluruhan dan apabila masih ada yang terlewat cek layer per layer termasuk maskingnya. Setelah semua selesai klik Ctrl E untuk menggabungkan layer atau klik Flatten Image.

Selesai. Semoga bermanfaat dan mendatangkan ide baru.

Salam hangat selalu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar